RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidika : SMAN 1 PEKAT
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII / 2
Pertemuan ke : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 15 (limabelas) menit
I.
Kompetensi inti :
KI 1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggunngjawab, peduli (gontong royong, kerjasama, toleran, damai) santun,
resposif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menereapkan, menganlisis pengetauan faktual,
konseptual, prosedural dan metakongnitif berdsarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
dan humaniora dengan wawasan
kemanusian, kebangsaan,kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstarak terkait dengan
pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
II.
Kompetensi Dasar :
A.
Menjelaskan unsur-unsur manajemen
III. Indikator
:
A.
Mendeskripsikan pengertian manajemen
B.
Mengidentifikasi tingkat-tingkat manajemen
IV. Tujuan
Pembelajaran :
B.
Siswa mampu mendeskripsikan pengertian manajemen.
C.
Siswa dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan tingkat-tingkat
manajemen.
V.
Materi Ajar :
A. Pengertian
manajemen
B.
Jenjang manajemen
¾
Top management (manajemen
tingkat atas)
¾
Midle management
(manajemen tingkat menegah)
¾
Lower management (manajemen tingkat bawah )
VI. Metode Pembelajaran :
A.
Pendekatan :
Kooperatif
B.
Model :
JIGSAW
C.
Metode :
Diskusi, demonstrasi dan penugasan.
VII.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
A. LKS
B. Buku-buku yang relevan
(buku ekonomi kls XII)
VIII.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu / Menit
|
|
A.
|
Kegiatan
Awal :
Appersepsi dan motivasi
Mengkomunikasikan eksistensi dan
potensi diri
Mengkomunikasikan tujuan
pembelajaran
Membagi siswa kedalam beberapa
kelompok untuk berdiskusi
Menjelaskan tata cara dan tujuan
diskusi
|
3
|
B.
|
Kegiatan
Inti :
¾
Mengorganisasikan siswa ke dalam bentuk kelompok
yang terdiri dari 4-5 orang yang bersifat heterogen menjadi empat tim /
kelompok.
¾
Guru memberikan pengarahan pada siswa tentang
tugas kelompok yang akan dilaksanakan.
¾
Guru membagikan lembar kerja siswa dengan materi
yang berbeda tiap anggota kelompoknya.
¾
Siswa pada setiap kelompok diminta untuk
menghitung dari 1 sampai 4
¾
Siswa no.1 mendapatkan materi tentang definisi
manajemen
¾
Siswa no. 2 mendapatkan materi tentang manajemen tingkat
atas (top management)
¾
Siswa no. 3 mendapat materi tentang manajemen tingkat
menengah. (middle management)
¾
Siswa no. 4 mendapat materi tentang manajemen tingkat
bawah ( lower managemen )
¾
Anggota dari tim yang sudah mendapat tugas dan
materi/masalah yang sama dengan anggota kelompok yang lain bertemu dalam
kelompok baru (kelompok tim ahli)
¾
Kelompok ahli mendiskusikan materi yang diberikan
sesuai LKS yang sudah dibagikan dan merencanakan bagaimana menjelaskan materinya
kepada anggota kelompoknya semula.
¾
Setelah selesai diskusi dengan kelompok ahli
selesai, siswa kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan secara
bergiliran materi/masalah yang dikuasainya kepada teman-teman di
kelompok asal dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan
sungguh-sungguh.
¾
Guru memberi kuis/ pertanyaan kepada seluruh
siswa.
¾
Guru memberikan apresiasi.
|
7
|
C.
|
Kegiatan
Penutup :
Guru dan siswa mengambil kesimpulan
materi pembelajaran mengenai “definisi manajemen dan jenjang manajemen”
berikut tugas dan contoh
Guru memberi tugas setiap kelompok
untuk mempelajari dan membahas materi tentang “Perkembangan manajemen sebagai
seni dan ilmu pengetahuan” untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya
|
5
|
IX.
Penilaian : -
SMAN 1 PEKAT April, 2015
Mengetahui Guru Mata Pelajran
Kepala Madrasah
Drs Husain M.Pd Ahmad Baezan S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar