Selasa, 28 April 2015

rpp ekonomi kelas xii

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidika                  :           SMAN 1 PEKAT
Mata Pelajaran                      :           Ekonomi
Kelas / Semester                    :           XII / 2
Pertemuan ke                        :           1 (satu)
Alokasi Waktu                       :           15 (limabelas) menit

I.       Kompetensi inti               :
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggunngjawab, peduli (gontong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, resposif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menereapkan, menganlisis pengetauan faktual, konseptual, prosedural dan metakongnitif berdsarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya  dan humaniora  dengan wawasan kemanusian, kebangsaan,kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstarak terkait dengan  pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
II.    Kompetensi Dasar           :
A.    Menjelaskan unsur-unsur manajemen

III. Indikator                          :          
A.    Mendeskripsikan pengertian manajemen
B.     Mengidentifikasi tingkat-tingkat manajemen

IV. Tujuan Pembelajaran     :
B.     Siswa mampu mendeskripsikan pengertian manajemen.
C.     Siswa dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan tingkat-tingkat manajemen.

V.    Materi Ajar                      :
A.    Pengertian manajemen
B.     Jenjang manajemen
¾    Top management (manajemen tingkat atas)
¾    Midle management (manajemen tingkat menegah)
¾    Lower  management (manajemen tingkat bawah )

VI.  Metode Pembelajaran    :          
A.    Pendekatan           : Kooperatif
B.     Model                    : JIGSAW
C.     Metode                  : Diskusi, demonstrasi dan penugasan.
VII.          Alat / Bahan / Sumber Belajar         :
A.    LKS
B.     Buku-buku yang relevan (buku ekonomi kls XII)

VIII.       Langkah-Langkah Pembelajaran    :

Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu / Menit
A.
Kegiatan Awal  :
Appersepsi dan motivasi
Mengkomunikasikan eksistensi dan potensi diri
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
Membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk berdiskusi
Menjelaskan tata cara dan tujuan diskusi
3
B.
Kegiatan Inti  :
¾    Mengorganisasikan siswa ke dalam bentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang yang bersifat heterogen menjadi empat tim / kelompok.
¾    Guru memberikan pengarahan pada siswa tentang tugas kelompok yang akan dilaksanakan.
¾    Guru membagikan lembar kerja siswa dengan materi yang berbeda tiap anggota kelompoknya.
¾    Siswa pada setiap kelompok diminta untuk menghitung dari 1 sampai 4
¾    Siswa no.1 mendapatkan materi tentang definisi manajemen
¾    Siswa no. 2 mendapatkan materi tentang manajemen tingkat atas (top management)
¾    Siswa no. 3 mendapat materi tentang manajemen tingkat menengah. (middle management)
¾    Siswa no. 4 mendapat materi tentang manajemen tingkat bawah ( lower managemen )
¾    Anggota dari tim yang sudah mendapat tugas dan materi/masalah yang sama dengan anggota kelompok yang lain bertemu dalam kelompok baru (kelompok tim ahli)
¾    Kelompok ahli mendiskusikan materi yang diberikan sesuai LKS yang sudah dibagikan dan merencanakan bagaimana menjelaskan materinya kepada anggota kelompoknya semula.
¾    Setelah selesai diskusi dengan kelompok ahli selesai, siswa kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan secara bergiliran materi/masalah yang dikuasainya kepada teman-teman di kelompok asal dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
¾    Guru memberi kuis/ pertanyaan kepada seluruh siswa.
¾    Guru memberikan apresiasi.
7
C.
Kegiatan Penutup  :
Guru dan siswa mengambil kesimpulan materi pembelajaran mengenai “definisi manajemen dan jenjang manajemen” berikut tugas dan contoh
Guru memberi tugas setiap kelompok untuk mempelajari dan membahas materi tentang “Perkembangan manajemen sebagai seni dan ilmu pengetahuan” untuk didiskusikan pada pertemuan berikutnya
5
                       
IX. Penilaian                                      :    -


                                                                                    SMAN 1 PEKAT   April, 2015
     Mengetahui                                                                                          Guru Mata Pelajran
Kepala Madrasah



Drs Husain M.Pd                                                                                      Ahmad Baezan S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar